3:03 AM
0
Densitas adalah massa batuan per unit volume. Berikut kisaran densitas meterial bumi:




Densitas (Kepadatan batuan) dalam tabel di bawah ini dinyatakan sebagai berat jenis, yang adalah densitas dari batuan relatif terhadap kepadatan air. Itu tidak aneh karena dapat berpikir, karena itu densitas air adalah 1 gram per sentimeter kubik atau 1 g / cm 3. Jadi angka-angka ini diterjemahkan langsung ke g / cm 3, atau ton per meter kubik (t / m 3). Seperti yang Anda lihat, batu dari jenis yang sama dapat memiliki kepadatan apapun dalam berbagai kepadatan, karena mereka dapat berisi proporsi yang berbeda mineral dan void.
Densitas berguna untuk insinyur, tentu saja. Tapi mereka juga penting untuk ahli geofisika yang harus model batuan kerak bumi untuk perhitungan gravitasi lokal.
Desnitas sangat sensitif terhadap mineral yang membentuk jenis batu tertentu. Batuan sedimen (dan granit), yang kaya akan kuarsa dan felspar, cenderung kurang padat dari batuan volkanik. Dan jika Anda tahu petrologi batuan beku, Anda akan melihat bahwa batu lebih mafik adalah, semakin besar kerapatannya.

Andesit
2.5 - 2.8
Basal
2.8 - 3.0
Batubara
1.1 - 1.4
Diabas
2.6 – 30
Diorit
2.8 - 3.0
Dolomit
2.8 - 2.9
Gabro
2.7 - 3.3
Gneiss
2.6 - 2.9
Granit
2.6 - 2.7
Gips
2.3 - 2.8
Batu kapur
2.3 - 2.7
Marmer           
2.4 - 2.7
Mica sekis
2.5 - 2.9
Peridotit
3.1 - 3.4
Kuarsit
2.6 - 2.8
Riolit
2.4 - 2.6
Garam batu
2.5 - 2.6 
Batu pasir
2.2 - 2.8
Serpih
2.4 - 2.8
Batu tulis
2.7 - 2.8

2. Peran Densitas dalam Teknik Eksplorasi
     Dalam Teknik Eksplorasi perbedaan densitas sangat dibutuh kan pada metode gravity. Dalam metode gravity prinsip yagn digunakan iala metamorf beh mengukur dan menyelidiki variasi medan gravitasi yang disebabkan oleh perbedaan densitas dari batuan – batuan yang ada di bawah permukaan bumi. Densitas atau massa jenis adalah perbandingan antara massa dan volume dari batuan. Densitas batuan sediemn meningkat sesuai umur batuan dan kedalaman. Densitas batuan metamorf bergantung pada komposisi dari batuan asal dan alterasi yang terjadi pada batuan tersebut.
     Metode gravity ini mula – mula ditemukan oleh Galileo Galilei (1589), denagn mengukur kecepatan benda jatuh dari menara Pisa. Kemudian Johan Kepler memunculkan teori pergerakan planet dan dilankutkan oleh Sir Issac Newton yang merumuskan variasi gravitasi yagn sangat terkenal. Piere Bouger (1745),menemukan variasi gravitasi bumi di F.A.
3. Metode Mengukur Densitas
Densitas adalah sebuah konsep ilmiah dasar. Ditetapkan, massa dibagi dengan volume sama dengan kepadatan. Massa adalah berat suatu benda dan volume adalah ukuran suatu objek.  Resultan ini mengacu pada berat benda per satuan volume, atau kerapatannya. Hal ini dinyatakan sebagai gram per sentimeter kubik (g / cc atau g / cm ³). Anda dapat mengidentifikasi nama dan komposisi batuan jika Anda tahu densitas. Rocks memiliki kerapatan sekitar 3 g / cm ³. Sebagai contoh, basal memiliki kerapatan 3 g / cm ³, granit memiliki kerapatan 2,7 g / cm ³ dan batupasir memiliki kerapatan 2,3 g / cm ³.
Contoh untuk mengetahui denstias suatu batuan :
1.      Menangguhkan sepotong batu dari skala musim semi. Ambil membaca dari skala. Jumlah yang dihasilkan adalah berat dari batuan dalam gram. Ini adalah massa objek. Misalnya, batu berat 670 gram.
2.      Turunkan batu ke dalam wadah yang berisi air untuk menghitung volume. Ambil membaca dari skala musim semi. Jumlah yang dihasilkan sekarang 420 gram.
3.      Kurangi 420 gram dari 670 gram. Ini memberi Anda membaca dari 250 gram, yang merupakan jumlah air yang dipindahkan oleh batu. Volume air yang dipindahkan mendekati volume dari batuan, yang 250 cm ³.

4.      Bagilah massa dengan volume untuk menemukan kepadatan batu. Misalnya, 670 gram dibagi dengan 250 cm ³ sama dengan 2,68 g / cm ³, yang merupakan densitas granit.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Recent Post