11:01 PM
0
Berdiskusi dalam grup jejaring sosial memang menjadi trend akhir-akhir ini, bahkan tidak jarang akhirnya mereka tak pernah bertemu secara fisik, mereka hanya berani bersuara, menghujat, dan sebagainya di dunia maya. Namun demikian dalam berdiskusi, walau di dunia maya tentunya tidak jauh berbeda dengan berdiskusi di dunia nyata, terutama dalam menjaga sopan santun, etika dan toleransi. Berikut ini contoh aturan berdiskusi di dunia jejaring sosial, semoga mencerdaskan:


NETIKET berdiskusi di grup jejaring sosial ala Kabinet tersenyum Ikhlas HIMASIKA ITS 11/12



Mengingat telah terjadi pergantian kepengurusan dan perubahan nama departemen DAGRI HIMASIKA ITS menjadi INTERNAL HIMASIKA ITS, maka dipandang perlu adanya netiket yang harapannya bisa lebih meningkatkan efektifitas dan kebermanfaatan Grup ini
ini adalah group resmi dari HIMASIKA ITS periode 2011/2012 Kabinet Tersenyum Ikhlas (^_^) sebagai salah satu sarana penjaringan aspirasi dari, oleh, dan untuk HIMASIKA ITS melalui dunia maya (Jejaring Sosial)

visi grup membentuk media komunikasi, penjaringan aspirasi dan sosialisasi informasi bagi keluarga HIMASIKA ITS untuk mendiskusikan  berbagai macam hal terkait kegiatan, program kerja dan perkembangan kepengurusan di HIMASIKA ITS, selain itu juga info-info yang berkembang ITS, alumni Fisika ITS  dan  indonesia secara umum baik dalam lingkup lokal, nasional maupun internasional.

keanggotaan : grup ini  beranggotakan mahasiswa Fisika ITS yang sesuai AD/ART dinyatakan sebagai Anggota HIMASIKA ITS 

KODE ETIK
1. Baca dahulu hingga selesai posting yang masuk lalu putuskan untuk memberi komentar atau tidak.
2. Kirimlah posting secara proporsional, jangan terlalu banyak mengirim dalam waktu bersamaan dan berulang-ulang.
3. Tulisan jangan terlalu panjang. Namun pendek, padat dan substantif.
4. Jangan mengganggu diskusi yang sedang berlangsung dengan mengirim posting yang tidak ada hubungannya dengan visi misi group. Sekali-kali diperbolehkan dengan catatan menambahkan label OOT (Out Of Topic) pada posting anda.
5. Tulis yang rapi komentar Anda sehingga tulisan enak di baca. Perhatikan tanda baca koma, titik, spasi, serta alinea.
6. Jangan menulis posting dalam keadaan tulisan BERUPA HURUF BESAR SEMUA atau TERLALU BANYAK MENGGUNAKAN TANDA SERU !!!. Karena pembaca dapat mengartikan pengirim sedang marah-marah.
7. Mengembangkan tata-krama dalam berdiskusi, tidak menghujat anggota lain dengan kata-kata yang melecehkan hak asasi orang lain, kata-kata kasar atau sangat tercela, dan menghina keadaan fisik pribadi lain.

KEBIJAKAN
1. Setiap anggota harus menyadari bahwa Group ini bukan Group percobaan, maka jangan mengirim posting yang sekedar coba-coba dengan subject 'test' atau sejenisnya.
2. Mohon selalu mengirimkan posting sesuai dengan Visi group ini.
3. Dilarang mengirimkan posting yang mengandung unsur iklan/MLM atau ajakan untuk melakukan kegiatan yang melanggar hukum di wilayah teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia.
4. Dilarang mengirimkan posting yang bertemakan pornograf, provokasi ,SARA atau menyudutkan/memihak secara tidak proporsional pada pihak tertentu.
5. Admin berhak mengeluarkan anggota group bila terjadi pelanggaran terhadap netiket sesuai dengan ketentuan diatas.
6. Setiap hal / informasi yang menyangkut nama pihak tertentu harus disampaikan oleh orang yang jelas nama, angkatan, alamat email.
7. Admin menerima segala protes, kritik, saran dan nasehat terkait dengan netiket ini atau implementasinya lewat email mashuri.saja@gmail.com atau bisa menghubungi Mashuri (admin): 08993611638

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Recent Post