9:30 PM
0
Pelatihan Keselamatan di Jalan Part I

Siang itu, Kamis 8 Maret 2012 di Ruang Sidang Rektorat Lt 1 ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya, ruang yang terbilang lux untuk pelatihan mahasiswa. Aku mendapat undangan untuk bisa terlibat di sana,ya ini istimewa, apalagi dengan Igor's bakery yang kata kawan-kawan termasuk roti kelas atas.

Sekilas inilah acaranya

Pelatihan Berlalu lintas yang cerdas, aman, dan selamat di jalan raya untuk mahasiswa ITS

Ruang sidang Rektorat lt 1, 09.36 Kamis 8-3-2012



Sambutan
Hera Widiastuty, Ketua Pusat Study Riset LPPM ITS Bidang transortasi dan logistik
Di Indonesia, terutama di jalan raya hampir setiap 30 menit ada yg meninggal karena lakalantas, dan dari seluruh Provinsi di Indonesia provinsi kita, Jawa Timur menempati Rangking 1 dalam jumlah kecelakaan lalu lintas terbanyak. Miris dan Kasihan mengetahui kenyataan ini...
Selanjutnya acara pelatihan ini, akan dibagi dalam dua sesi,
Sesi 1 20-30 orang dilatih
Sesi 2 20-30 orang dilatih
Dimana sebelumnya akan diawali dengan presentasi dan paparan materi berkaitan dengan topik pelatihan. Orang-orang yang ada di ruangan ini adalah orang istimewa yang bisa ikut pelatihan. Karena dari 17.000 mahasiswa ITS hanya diambil beberapa yang diharapkan membagi ilmu ke yang lain.

Selanjutnya Sambutan dari
Darminto MSc,ketua LPPM, PR4
Di Indonesia banyak kasus laka yg terjadi karena ketidak disiplinan, kelalaian, Di ITS juga sering terjadi kecelakaan hanya karena lalai, para dosen, karyawanpun banyak yg melanggar aturan parkir, dll
-perbaikan ini dikaitkan dengan budaya, budaya yg sangat baik untuk perbaikan-
untuk kawan-kawan yg berkesempatan hadir, tolong sampaikan manfaat dan kebaikan pelatihan ini kepada yang lain.
Di LPPM ada pusat study baru, transortasi dan logistik diketuai bu Hera Widiastuty.



Lusia Karina, BlueScopeSteel
BlueScopeSteel: perusahaan di bidang Baja, Jakarta 1994(koil baja,dll). Teknology kami baja lapis Zinc aluminium, nano process. (Rekomendasi kawan-kawan bidang bahan material untuk masuk, karena dicari alumni ITS disana), di Surabaya ada cabang di Trosobo,
di Bluescopesteel ada our bond, our comunity is our home, dimanapun kami ada,kami harus melayani.
Dalam perjalanan ketemu kecelakaan, komentar pertama yg muncul "untung orangnya selamat meski motornya penyok", padahal dalam kasus ini telah terjadilost of asset (kendaraan rusak), dan ini memprihatinkan.

Suhardike, 2010, korban yang terbanyak dengan rentang 16-30 tahun jadi korban mati, padahal di usia itu produktif. Setiap jam meninggal 3-4 orang dalam laka lantas di Indonesia.
2007, di melbourne, di Ausy juga punya program yang sama dengan our comunity, tapi dengan konsep yang berbeda. Hingga dikirim delegasi untuk belajar ke Melbourne dari Indonesia, sehingga di Indonesia dikonsep karyawan, dll dijadikan duta keselamatan jalan raya, mengikuti pelatihan panjang, presentasi, dll.
Menggagas duta keselamatan di kampus, UI, ITB, UNPAD,dll sekarang Alhamdulillah di ITS. Setiap yang sudah ikut pelatihan akan menjadi duta keselamatan jalan raya, dengan tujuan tertanam behave di setiap duta untuk sadar keselamatan berkendara. Keselamatan harus dimulai dari diri sendiri, dari rumah, keluarga.
Lebih lengkap tentang (www.bluescopesteel.com/ atau (www.bluescopesteel.co.id/

Pembukaan ini diakhiri dengan Penyematan duta Keselamatan ITS,
Oleh Dirjen Perhubungan darat ke Imron Gozali (Pres BEM ITS 2011/2012)

Yah karena aku juga ikut sebagai peserta maka, akupun sejak 10.46 WIB tadi menjadi Duta Keselamatan juga... Semoga kami amanah dengan status baru ini...

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Recent Post