9:05 PM
0

Hari itu Senin 21 Oktober 2013, setelah semalam tinggal di rumah keluarga Ari Fadlansyah di Griya Bahagia di jalan Pembangunan desa Jayawaras kecamatan Taronggong Kidul kabupaten Garut pagi pun tiba dan saya harus berangkat ke lokasi PGE area Kamojang. Setelah sholat shubuh jam 04.30 WIB seperti biasa dalam aktivitas pagi diawali dengan membaca al Quran dan dzikir pagi. Lepas itu saya segera bersiap menata barang bawaan untuk hari pertama. Karena saya tahu hari pertama masih mengurus administrasi dan cari Kosan maka saya gak bawa terlalu banyak barang, yang paling penting bawa LOA (surat penerimaan kerja praktek di PGE Kamojang) dan beberapa alat tulis, pakaian bebas rapi kantor (missal kemeja polos, celana kain hitam, sepatu van tofl, sabuk), WAJIB PAKAI JAKET (dingin soalnya di Kamojang hehe) sedang barang lain saya sementara tinggal di rumah Ari. Sarapan pagi dengan menu nasi goreng dengan sayur asem berdaging kambing menyambut aktifitas hari itu. 

Gerbang Komplek PGE area Kamojang


Pukul 06.00 WIB saya sudah bersiap di depan pos keamanan komplek perumahan PGE area Kamojang samping gang rumah Ari. Suasanan hangat dan akrab tercermin dari etika yang ditunjukkan oleh semua orang yang berkumpul disana pagi itu. Setiap orang yang baru dating akan member salam ‘Assalamu’alaikum’ dan kemudian melanjutkan dengan menjabat tangan semua orang yang sudah lebih dulu menunggu tanpa kecuali dan tanpa berpikir perbedaan jabatan dan lainnya. Karena memang pagi itu ada Pak Ujang Mulyana yang kemarin saya temui di masjid komplek dan saya tulis di sini. Juga ada berbagai orang mulai dari petugas keamanan yang akan berganti shift di lapangan Kamojang,dan karyawan lain. Kami saling menyapa, menyalami satu sama lain dan bercanda hangat.

Pukul 06.15 WIB bis kantor yang mengantar karyawan menuju PGE area Kamojang berangkat, kamipun naik ke bis bersama. Dengan posisi kiri satu kanan dua kami duduk dengan rapi. Sepanjang perjalanan semua karyawan saling bercanda dan berbincang. Dalam perjalanan kami kadang bis berhenti untuk menjemput karyawan yang menunggu di depan rumah masing-masing di sepanjang jalur berangkat bis. Hal yang sama selalu terjadi, setiap ada karawan yang naik bis selalu terucap sapaan yang sama ‘Assalamu’alaikum’ dan kemudian melanjutkan dengan menjabat tangan semua orang yang sudah lebih dulu di bis. Perjalanan kami sekitar 50 menit untuk sampai di kantor PGE area Kamojang.


Di gerbang kantor PGE area Kamojang ada ini


Sesampainya di kantor, Pak Ujang Mulyana memesankan kepada saya untuk terlebih dulu menunggu di ruang security dan selanjutnya nanti menyelesaikan urusan awal administrasi. Sayapun mengikuti arahan dari asisten General ManagerPGE Kamojang itu dan menunggu di ruang sekuriti. Di ruang security saya berkenalan dengan Pak Mulyadi, beliau sebelumnya berada satu bis dengan saya. Sambil menunggu beliau menanyakan beberapa hal:

Pak Mulyadi  : dari asal kampus mana?

Saya              : Dari ITS pak.

Pak Mulyadi  : Institut Teknologi Surabaya?

Saya            : bukan pak,Institut Teknologi Sepuluh Nopember (dalam hati saya berkata, wah ITS masih sangat jauh dikenal masyarakat nusantara, warga di Garut dan Bandung saja tidak tahu kepanjangan dari ITS, dan masih sering salah sebut)

Pak Mulyadi  : kampus swasta ya itu?

Saya              : wah bukan pak,ini negeri seperti ITB.

Pak Mulyadi  : asal rumah dari mana mas?

Saya              : saya dari Madiun pak

Pak Mulyadi : sampai kapan rencana di sini?

Saya             : insyaAlloh sampai Januari pak

Pak Mulyadi : wah lama juga ya

Saya             : iya kerja praktek sekalian skripsi pak

Pak Mulyadi  : sama siapa ke sini?

Saya              : sendiri pak

Pak Mulyadi  : owh sendiri, biasanya kan ada temannya

Saya              : iya pak saya sendiri, yang lain sedang kuliah, saya sudah tinggal skripsi dan KP

Pak Mulyadi  : Nunggu siapa?

Saya            : tadi sama pak Ujang disuruh ke SDM menemui pak Oman, karena pak Djoko Santosa sedang ke luar kota
(sambil beliau menelpon bagian SDM)

Pak Mulyadi   : yasudah saya minta kartu mahasiswanya dan ini kartu visitornya

Setelah menyerahkan KTM saya diminta mengisi buku tamu oleh Pak Fudoli dan kemudian berjalan menuju ruang SDM yang berada di ujung utara mess


suasana ruang security di gerbang PGE area Kamojang

Miniatur area PGE Kamojang di ruang security gerbang


* saat saya menunggu para security sempat berbicang, setelah selesai salah satu dari mereka (saya tidak tahu namanya) bertanya,’mas bisa bahasa sunda? Kujawab,’maaf tidak bisa pak’ dan ditimpali ,’untung tidak bisa, kami tadi berbicara hal rahasia’. Pikirku lucu juga orang ini, sampai ngetes dulu saya bisa bahasa sunda atau tidak pas ngobrol, pdahal kurang lebih mereka ngobrol tentang ‘agenda bolos dan pergi ke jakarta’ hahaha. Little little I can boso Sundo bro.. hahaha :D

*sekedar info kantor utama PGE Kamojang sedang direnovasi sejak …… jadi berbagai bidang ditempatkan di mess atau digabung dengan bidang lain.SDM, Security di mess (asrama kantor), Enjinering di laboratorium dan sebagainya

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Recent Post